Samarinda, Jln. Milono I No. 1 (Lt. 2 dan 3)
Telp. (0541) 741003 Fax.(0541) 741003
VISI DAN MISI
30
Mei 2015

Visi dan Misi

Posted by admin | Dibaca: 366

VISI DAN MISI

VISI INSPEKTORAT DAERAH KOTA SAMARINDA

Sebagai Visi RPJMD Kota Samarinda Tahun 2011-2015 salah satunya dari sembilan misi Pembangunan Daerah adalah peningkatan Good Goverment Pemerintah Kota Samarinda yang dinamis.

Sejalan dengan Visi Inspektorat Daerah Kota Samarinda memiliki Visi dan Misi untuk periode 2011-2015 sebagai berikut :

              Visi Inspektorat Daerah Kota Samarinda

     *Pengawasan yang obyektif,tanggap,efektif dan bertanggung jawab didukung Sistem Pengendalian Internal Pemerintah ( SPIP ) dan pengawasan Masyarakat *

Visi tersebut diatas mengandung makna sebagai berikut :

       Bahwa dalam mewujudkan Visi Pemerintah Kota Samarinda yang merupakan Kota Metropolitan berbasis  Industri Perdagangan dan jasa yang maju, berwawasan lingkungan dan hijau serta mempunyai keunggulan daya saing untuk kesejahteraan masyarakat .Sejak Visi Inspektorat Daerah Kota Samarinda sebagai Aparat Pengawas Fungsional Internal Pemerintah ( APIP ) untuk mewujudkan penyelenggaran Pemerintahan yang baik dalam hal ini didasari berdasarkan norma pengawasan yang dijunjung dan dipedomani Inspektorat Daerah Kota Samarinda yang artinya dengan sikap disiplin,tanggap, obyektif dan taat pada aturan dengan dilandasi kemampuan yang Profesional, teliti dan jujur didukung oleh kerjasama dan rasa tanggung jawab akan dicapai prestasi  kerja yang optimal guna mendukung Good Governance dan otonomi Daerah sesuai dengan Visi Pemerintah Kota Samarinda dan sangat mendukung  pada Visi Inspektorat Daerah Kota Samarinda.

              Misi

Salah satu misi Pemerintah Kota Samarinda adalah peningkatan Good Governance Pemerintah kota yang dinamis, dimana Pemerintah yang baik merupakan faktor pengungkit sebuah perencanaan pembangunan yang baik.

Peran Pemerintah sebagai pengendali dalam pembangunan menjadi penting untuk mendapatkan perhatian. Profesionalisme Aparatur Pemerintah, Pemerintah yang bebas dari praktek KKN, serta kesadaran memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat merupakan kata kunci peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah.

Untuk mewujudkan Visi Inspektorat Daerah Kota Samarinda sebagaimana digariskan  diatas maka dipandang perlu untuk menetapkan beberapa misi yang harus dilakukan oleh seluruh Jajaran Inspektorat Daerah Kota Samarinda, agar tujuan organisasi dapat tercapai.

Berdasarkan hal tersebut, Inspektorat Daerah Kota Samarinda menetapkan Misi sebagai berikut :

MISI I. Meningkatkan Kualitas Aparatur Pengawasan dalam hal sumber daya Manusia     ( SDM ) merupakan hal sangat penting dalam upaya pencapaian keberhasilan kinerja organisasi . Tuntutan akan hasil pengawasan yang semakin  bermutu sebagai Internal Bussines  Inspektorat Daerah yang memerlukan kualitas Sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi yang sesuai dengan bidang pengawasan. Kualitas sumber daya manusia yang kurang memadai sesuai dengan tuntutan Profesionalisme, tentu oleh pengaruh pada kualitas pelayanan yang diberikan. Dengan demikian upaya penambahan personil dengan mempertimbangkan sekala prioritas dan pengembangan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu hal yang tidak dapat dikesampingkan dalam upaya pencapaian Visi Inspektorat Daerah Kota Samarinda.

Dalam hal perspektif Balanced Scorecard misi tersebut termasuk dalam persfektif pembelajaran dan pertumbuhan Cleaning and Growth ).

Dengan Persfektif ini organisasi akan menjawab pertanyaan bagaimana organisasi dapat mempertahankan dan meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi tantangan perubahan dimasa yang akan datang.

MISI II. Meningkatkan pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan pengawasan masyarakat.

Untuk Mewujudkan kualitas pelayanan masyarakat terhadap pegawai pemerintah daerah yang profesional,perlu ada pengawasan yang baik guna untuk :

- Meningkatkan peranan SPIP pada setiap Dinas/Badan/Kantor/Instansi/Lembaga pemerintah.

- Meningkatkan pembinaan pengawasan masyarakat terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan yang obyektif serta bertanggung jawab.

Dalam persfektif Balanced Scorecard misi tersebut termasuk dalam persfektif pelanggan/masyarakat (stakeholder) dan persfektif proses kegiatan internal  (Internal Bussines Proces). Dengan Persfektif ini, organisasi akan menjawab pertanyaan manfaat apa yang dapat diberikan untuk masyarakat dari hasil kegiatan organisasi dan kegiatan internal apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan dalam upaya meningkatkan nilai tambah yang diberikan kepada Masyarkat/Pelanggan (stakeholder).

CopyRight © Inspektorat Daerah Kota Samarinda 2017 | Email : inspektorat(at)samarindakota.go.id
VERSI DESKTOP